salty_fish
Pulau Lima.. atau lebih tepat disebut kepulauan lima. Yak..beneerrr.. penamaannya mirip-mirip dengan pulau seribu, karena memang terdiri dari lima pulau yang berdekatan. Sebenarnya, banyak pulau (atau gugusan pulau) diberi nama ini. Tapi ini Belitung meeennn.. yo’i Belitung juga punya Pulau Lima.. lima pulau berada di sebelah barat pulau Belitung. Jelasnya liat pic dibawah aja dehh..

Peta Kepulauan Lima.. awass klo protes tulisannya.. hehehe
Asli.. menurut saya ini adalah tempat yang indah.. lima buah pulau berjejer dengan pasir putih..!! Bayangpun.. eh bayangkan sendiri.. sayang hari ini agak mendung, jadi hasil jepretan kamera yang tertangkap oleh lensa terasa kurang maksimal. Tapi apa yang tertangkap oleh mata (best lens created by God) bener-bener membuat saya penasaran, sayang rasa-nya klo pengalaman pertama ini dilewatkan..  yang lebih menarik lagi konon kepulauan lima merupakan spot yng mantapp buat memancing #hadeeeehh.. nyesel tadi ga bawa’ Joran pancing.. eh.. ada lagi.. menurut nahkoda kapal  disisi lain pulau ini ada bangkai kapal besar di dasar laut.. jadi disni juga memiliki spot yang bagus buat menyelam.. (btw, pantes ga siihh.. kapal gini disebut nahkoda.. wkwkwk)
mendung
yang kiri Nahkodanya lagi serius..

Navigator.. Tugas: ngawasin karang+menentukan rute aman
Auto Pilot (a.k.a kemudi kapal pake' kaki.. hwahaha..)

Dari kelima pulau itu, hanya satu saja yang berpenghuni.. Pulau itu bernama Pulau Buntar. Pulau yang terdiri dari 20 KK ini sendiri secara administratif masuk dalam Desa Pulau Gersik, Kecamatan Selat Nasik. Dan tentu saja.. mata pencaharian masyarakat disini adalah Nelayan.  Naaahh.. Pulau inilah tujuan kami hari ini.
ini ikan lho.. di dermaga pelabuhan Pulau Buntar..
Welcome @ P.Buntar

Oh iya.. ngapain sampe nyasar kesini? Ceritanya begini.. #siap2 mau ndongeng.. hihihi.. Kunjungan ke Pulau Buntar kali ini untuk Survey kemungkinan pembangunan PLTS (Pembangkit Litrik Tenaga Surya) terpadu yang merupakan serangkaian program Listrik untuk pulau-pulau terpencil diseluruh Indonesia.. (udah.. gitu doank?? Hwahaha.. penonton kuciwa..).
Tadi pagi.. pagi-agi sekali pintu rumah (dinas) saya diketok seseorang.. seorang teman dari bagian perencanaan kantor induk..  Tujuannya Cuma satu, pinjem life vest, buat mengarungi pulau-pulau di Belitung (#halah..). Sebenarnya teman ini yag bertugas untuk survey pulau-pulau terpencil disini. Tapi karena ada banyak Pulau yang harus di survey, akhirnya diputuskan dibantu oleh tim lainnya untuk mempersingkat waktu. Saya sendiri tidak termasuk dalam tim ini.. so saya berangkat kekantor seperti biasa. Tapi.. berhubung cuaca di perairan Belitung masih masuk dalam musim yang tidak kondusif (gelobnag tinggi), maka banyak dari rekan-rekan yang berkeberatan dan ga berani berangkat.. maka saya sebagai oang yang baik hati, tidak sombong, tenggang rasa tepa selira, hormat menghormati, musyawarah untuk mufakat, apal pancasila, dan gemar menabung (<< eh ini kaya’nya perlu dipertimbangkan kembali.. wkwkwk..) saya akhirnya mengalah dan menawarkan diri.. ok..ok.. klo yang laen takut.. mending saya saja yang berangkatt.. Dengan semangat emapt-lima saya langsung beranjak dari meja, dan segera mengurus administrasi perjalanan dinas..
Eeett.. dah.. sebelum keluar dari pintu kantor saya sempet dicegat oleh Manajer.. “Lho.. mas Deni.. koq sampeyan yang berangkat survey PLTS?” tanya Beliau. “Yang laen takut pak..” jawab saya sambil cengar-cengir.. “Wah.. yang laen masih takut mati kaya’nya” si Bos menimpali.. “Eh.. ini ada temen-temen dari wilayah, bukannya harusnya hari ini sampeyan nemenin rapat ?” Lanjutnya.. #sight.. inget ajah ni orang... batin saya dalam hati.. “Tapi klo saya ga berangkat, yang laen ga mau berangkat pak..” Jawab saya sambil ngeles, sambil buru-buru meninggalkan kantor.. “Ya.. sudah.. hati-hati” Pesan si Bos..
“Yeeiiyyy.. berhasil..!!” senyum saya dalam hati.. akhirnya.. berhasil juga saya meninggalkan kantor yang terus berisi rapat dan rapat lagi.. hwahaha.. #devil mode ON (jiiaaahhh.. ketauan deh motif aslinya.. ternyata pengen jalan-jalan toh.. hohoho..).

Pulau Buntar
Pulau... (ga tau namanya) diseberangnya P. Buntar
Btw, tau ga.. pertanyaan apa yang dilontarkan oleh masyarakat waktu kita survey disana?
“Dari Tim Sukses mana Pak??” ini niiihh pertanyaanya..  Yup.. di BaBel kebetulan sekarang sedang persiapan Pemilihan Gubernur.. Jadi, segala macam bentuk kegiatan membangun sepertinya selalu dikait-kaitkan dengan Tim sukses pasangan tertentu.. Kami pun harus ekstra hati-hati menjelaskan bahwa ini adalah program murni non partai atau tim sukses untuk menerangi penjuru negrii.. (cieee bahasanya ccuuyy...).
Pssssttt.. ini diaaa.. GenSet Pemberian salah satu Tim Sukses PilGub

Overall.. hari ini perjalanan laut yang tidak mengecewakan.. Hmm.. kaya’nya minusnya Cuma satu.. karena ini perjalanan laut, trus ke pulau terpencil yang tentu saja ga ada yang buka warung makan ditengah lau.. So, kita berpuasa sampe sore (eh malem malah..).. hiks..hiks..
0 Responses