salty_fish
Tau Konsep Pengendalian Resiko dalam K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) ga? Konsep ini menjabarkan bagaimana menghindari atau paling tidak meminimalisir tingkat kecelakaan kerja. Pengendalian Resiko dilakukan dengan 5 cara, yaitu: Eliminasi, substitusi, modifikasi (rekayasa teknis), Administratif, dan Alat Pelindung Diri (APD). 

Lalu apa hubungannya dengan Pengendalian Diri??
Hehehe.. seperti biasa..Saya Jawab: ini Episde nGawur Bung..!!. 

Sebenarnya konsep pemikiran nGawur ini sudah lamaaaa saya gunakan, seingat saya.. sedari kuliah saya sudah mengaplikasikannya (dengan kata lain.. sudah dari dulu ngawurnya.. wkwkwkwk.. #banggagajelas), hanya saja.. baru kali ini saya dokumentasikan.. (haaalaaahh.. *Gubraxxx..). Pemikiran iseng saya mengatakan.. mungkin justru pengendalian resiko ini tercipta dari konsep pengendalian diri.. (#makinngawurrr..). Mungkin secara tidak sadar anda juga menggunakan salah satu metode ini lhoo..
Bagaimana menghindarkan diri kita dari sesuatu (bisa apa aja..) yang tidak kita inginkan.. Nyok.. kita bahas satu-satu.. (Kita??  Jangan sampe ikut2an nGawur yak.. hehehehe..)

Eliminasi
Dalam Pengendalian Resiko, untuk mengindari kecelakaan kerja hal pertama yang harus dilakukan adalah sedapat mungkin meng-eliminasi benda atau kegiatan yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja. Teori yang sama bisa diterapkan dalam konsep pengendalian diri.. contoh (yang guwweee banget..) misalnya tidak menginstall Game di PC Kantor. Atau bisa juga menghilangkan segala sesuatu yang menganggu.. (pikir sendiri yak.. lagi males ngarang neeh.. hehehe..)

Substitusi
Jika Eliminasi tidak bisa dilakukan karena satu dan lain hal (appaaaa coba..) cara selanjutnya dalah dengan mengganti sesuatu atau kegiatan dengan hal lain yang bisa dijadikan pengganti. Misalnya pacar baru mungkin (hag..hag..hag..ntah krasukan ide dari mana ini). Misal lagi.. Olahraga biasanya dipilih sebagai kegiatan yang positif untuk menghindarkan diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.. Don’t ask me please... Hmm klo kcanduan Games.. biasanya diganti sama nonto anime ato Film, klo ga browsing.. ngeBlog.. wkwkwk sama ajah..

Modifikasi (Rekayasa Teknis)
Facebook di Block di Kantor..!! itu salah satu contoh-nya (bagoess.. Good Boy.. wkwkwkwk..). memasang filter atau appear offline (eengggg.. sapa yah?? hihihi..) merupakan beberapa cara yang mungkin bisa dipilih.

Administratif
Pengaturan Jadwal Kerja Shift dalam 8 Jam, atau pola kerja tertentu; misal beberapa hari kerja kemudian libur (contoh 1 bulan kerja, 1 hari libur.. dst, sperti ... hihihi.. adalah..) merupakan metode administratif yang biasa digunakan untuk menghindarkan seseorang dari kemungkinan kecelakaan kerja.
Jadi inget jaman kuliahan dulu..  pernah setting auto shutdown jam 1 malem biar ga ngeGame sampe Pagi, celakanya pas ngeGame inget buat nge-save sebelum shutdown.. tapi pas ngerjain tugas lupa buat nge-save.. (wkwkwkwk.. Dodol..) akhirnya diputuskan metode itu Gagal..
Pada konsep pengendalian Diri.. kita bisa mengatur pola kegiatan atau aturan main tersendiri.. Pola makan misalnya.. (xixixi.. jd inget ada yang gagal diet neehh.. hwehehehe..)

Alat Pelindung Diri (APD)
Cara ini merupakan pilihan terakhir jika ke-4 metode diatas gagal. Earplug, safety shoes, helm, dlsb.. merupakan alat yang sebenarnya tidak terlalu nyaman dan mengganggu jika digunakan. Tapi, untuk meminimalisir kecelakaan kerja APD menjadi suatu hal yang wajib digunakan..
Klo konsep pengendalian diri... No Comment Ah... Pikirin ndiri lah... wkwkwkwk.. #makin ga jelas..

Klo ada yang bingung.. artinya Anda Normal..!!!
Saya Putuskan.. Episode kali ini bener-bener nGawur..!!! (ato ancur yak..??wkwkwkwk...)
0 Responses