salty_fish
“Ciiiiaaaaatt...” teriaknya sembari meloncat dan mengangkat salah satu kakinya tinggi-tinggi.. Saya hanya memasang ekspresi datar dengan sedikit menaikkan alis. Selanjutnya Dia berseloroh.. “mas..mas.. Latihan Karate disini dimana yah..??” (what a shocking question on the morning..!! wkwkwk..). Dengan asal saya menjawab.. “ Di SMP sebelah tuh.. ikut latihan sama anak-anak SMP sana...”. “udah..udah.. mending pulang sana.. mandi dulu...” lanjut saya, melihat wajah kucelnya bak anak workshop yang bergadang menyelesaikan proyek.. Semalan makhluk ini piket (menjaga keamanan negeri..).. sedikit error mnurut saya sudah biasa.. hihihi.. Kita Sebut saja Dia sebagai “Bocah Tengil GeJe..!!” disingkat ‘BT GeJe’ (Dari ujung lain Pulau ini ,si mbok berteriak gembira... “Syyaaaahh..!!!”.. bwahahahaha). <- Yang kasih ide.. klo disebut AES ntar ga seru.. mending BT GeJe aja yak.. xixixixi..  >:)  [devil ].

Perjalanan singkat kali ini, saya mengajak BT GeJe ikut serta. “Ini Proyek mu..jadi tanggung jawabmu.. hehehe..” ajak saya siang itu.  “Cemaneeee mas..” jawabnya dengan Logat Bangka yang dipaksakan. (wkwkwk.. dasar GeJe..)
Pantai Membalong


Senin siang, pass.. ketika jam istirahat makan siang, HP saya berdering.. in comming call dari MC, memecah keisengan saya browsing di jam istirahat.. “Siang ini temenin bapak-bapak ini ke Pulau Seliu Yah.., klo besok takut buru-buru..” bunyi komando dari ujung telepon, setelah sedikit berbasa-basi. “Oh iya.. sekalian aja kamu ikut makan siang sama-sama.. ajak yang laen” Lanjutnya. “Hari ini senin pak.. saya ga makan..” jawab saya.. (*Jangan ditanya yak.. alesannya.. #Jomblongenes, #Jomblongeles lagee...). “Okelah.. kuat kan..” Candanya mengakhiri percakapan. Beberapa hari yang lalu, memang ada percakapan untuk melakukan kunjungan ke Pulau Seliu, Jadi saya tak terlalu heran jika siang ini secara tiba-tiba kami disuruh untuk berangkat ke pulau itu. Singkat Cerita.. siang (menjelang sore) itu kami berangkat menuju Membalong, sebelum menyebrang ke Pulau Seliu. 


Ocean Blue
Welcome to Seliu









Hari ini Pulau ini ramai dikunjungi oleh Dinas Pariwisata dan beberapa Agen Perjalanan (travel Agent), katanya.. sedang ada kunjungan potensi wisata, dan warga pun menyambutnya dengan menyelenggarakan lomba memancing. Saya sebenarnya lebih tertarik untuk sekadar melihat-lihat kermaian disana, hanya saja, kami tiba disana pada sat hari beranjak sore. Dan akhirnya kami pun bergegas menuju lokasi yang ingin kami kunjungi.
Baling-baling Tenaga Bayu
Panel Surya
Beberapa tiang tinggi dengan baling-baling diatasnya merupakan gugusan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Angin) dan sederet Panel surya menghiasi area itu. Yup.. ini adalah Pembangkit Listrik Hybrid (Kombinasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Tenaga Bayu) yang dibangun oleh Pemerintah, dan seperti biasa.. setelah dibangun fasilitas ini ditinggalkan begitu saja kepada warga masyarakat dengan harapan warga-lah yang menjaga-nya. Dan biasanya proyek seperti ini menjadi terbengkalai (#nuduhdotcom). Saat ini sumber energi ini hanya dimanfaatkan oleh segelintir warga disekitar lokasi ini. Kami datang dengan ide awal memafaatkan sumber ini agar bisa di on grid-kan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel yang sudah dikelola sebelumnya. Wacana-nya adalah memanfaatkan resource yang ada disini, disamping menjadikan Pulau ini semacam proyek percontohan. Ini bukan kunjungan saya ke lokasi ini, beberapa bulan yang lalu, saya sempat mengintip Pembangkit Listrik Tenaga Surya terpadu ini lantaran penasaran. Kali ini, dengan izin dari warga setempat, kami bisa melihat lebih dalam sekaligus menimbang peluang pemanfaatannya.
PLT Hybrid Seliu
Ekpetasi Tinggi..!! begitulah.. setiap lokasi saya kunjungi dengan tujuan pembangunan sarana listrik, kami selalu dibebani oleh harapan warga agar daerahnya bisa terang berderang dimalam hari. Harapan yang terkadang membuat kami dihargai karena kami dicari. Pak Kades bercerita dengan penuh semangat tentang harapan warga, bak kami adalah investor yang akan membangun Pembangkit besar disini. Untung saja ‘penguasa listrik’ di Pualu ini dengan segera menyela.. “kami disini hanya sekadar melihat peluang perbaikan dan pemanfaatan PLT Hybrid yang selama ini dikelola warga, tentu saja dengan catatan pemerintah mau bekerjasama”.  Pak Kades pun Hanya tersenyum simpul mendengar penjelasan itu..
Nice Spot @ Seliu
Menjelang Maghrib, kami kembali menuju ke Pulau Belitung.. cahaya merah karena matahari yang berselimut awan menghiasi pulau yang hijau asri ini.
Meraahh..!!

Oh iya.. berulang kali saya membujuk si BT GeJe untuk berfoto dibawah Plang Nama Pulau Seliu.. “Ndak..ndak..ndak..” jawabnya. Dia paham komentar iseng yang siap saya lontarkan.. “Nah.. kamu udah cocok tuh tinggal disini..” (wkwkwkwk..).    [potonya ga perlu dipajang diBlog ini.. mrusak keindahan.. xixixixi..]

Kami tiba di Tanjung Pandan malam hari, dan langsung saja saya mengajak-nya mencari makan untuk mengisi perut yang sudah kosong sedari pagi.. “Okeee... “ Jawabnya dengan ekpresi muka pusing karena perjalanan.. (*sigh.. nasib..nasib.. koq makan bareng bocah ini lagi yak.. #jomblongenes.. hag..hag..hag..).


End Note:
*Nganyau (Bahasa Belitung) : Jalan-jalan


It's Episode GeJe.. Just for Fun Guys..!!
16 Responses
  1. salty_fish Says:

    PS: Yang komen "Oooo" atau nyinggung soal tempat makan laen bakal dilempar pake' kulit Pangsing.. hohoho..

    (*ngeles males masak.. wkwkwkwk..)


  2. luvrie Says:

    ga komen soal makan...cm mo blg.."iiiiuu si om ngayau terus"


  3. ida Says:

    hwahahaha,,ya ampun,,si BT geje semakin geje dan aneh..*sambil ngakak ngguling2..
    semoga si BT geje sukses pindah ke sliu..amien..
    like "potonya ga usah dipajang di blog ini..merusak keindahan" --> bener banget..poto keindahan seliu jangan dirusak oleh poto si BT geje..


  4. nanda Says:

    ku adukan adit kau... apa itu kulit pangsing?? dodolmu kumat hag..hag...

    x ini tulisannya ga asik.. terlalu lebbbaaaiiiiiiii... :p

    kadonya mana?? jiaaahhhh :D

    k iis : jiaahh jarang dia ngayau kak.. paling2 ke ka ep ci... *kaboooorrrrrr ^^V


  5. salty_fish Says:

    @luvrie: Jiah.. nganyau disini ajah.. ga jauh2..

    @Ida: *sigh.. Do'a mu ga bagus.. Dia pengennya menyusul mu.. wkwkwkwk..

    @Nanda: Ambillah Pangsit tuh diKulkas.. *evakuasi Delfi doloooo..

    Btw, ini Episode GeJe bung..!! eh Non..!!


  6. nanda Says:

    massa pangsitnya masih ada??? payyah la kao ni mending kemaren dimasak semua... saia sudah gamood sama pangsit hohoho...assikk assikk.. pencarian harta karun dimulai B-)


  7. nantikan kunjungan2 asyik si BT geje selanjutnya..!!!


  8. kapan dicairkan SPPDnya nih kang salty_fish...???
    bisalah untuk buat beli sepatu futsal untuk memperkuat the voltage/electric


    cc: mb nanda


  9. salty_fish Says:

    Adiiiiittt...!! Kumat lagi.. sopo mustanir kuwi? Dapet Ilham dari mana nama ngawur itu..?? heh????


  10. luvrie Says:

    om..traktir makan2x dung hari ini *buru2 kabur sblm dimarahin kyk thn lalu


  11. ida Says:

    menyusulku?? hhmm,,bagus lah,,kalo dia ke sini,aku pindah jawa..amien..

    kang_mustanir????? ya ampun,,kumat lagi si bocah tengil geje ini..nama apa pula itu??? harus segera nikah dengan wanita asli seliu ni..


  12. salty_fish Says:

    @ Luvrie: Kejaaarrr... *sambil ngasih nanda tulang ikan buat ngejer.. xixixi..

    @Ida: Lho.. dia khan..dia khan.. wkwkwkwk...


  13. nanda Says:

    heeeiiiiii sudah berani kammmu yaaaa....!!! hmmmm.... tak patut.. tak patut.. ingat umur denden.. ckckckck ini hari jum'at istrimu masak kan?? hag..hag


  14. salty_fish Says:

    Hiks..hiks.. *Nagis dibawah pohon mangga.. (lagi males maen dibawah pohon pisang.. :p )

    Trus salah siapa?? salah guweh.. salah tmen2 Guweh...!! #Acting gaya Chyin Sister..

    *wkwkwk.. ngakak guling-guling ampe kejedot meja.. doohh...



  15. nanda Says:

    kang mustanir : gak ada sppd atas nama kang mustanir.. :p