salty_fish

Tajungpandan - Manggar (summaries)
Hallo om..!!’ sapa anak-anak kecil dipinggir jalan dengan senyum yang sumringah. Hampir disetiap Kampong (Desa, dalam bahasa Belitung) yang saya lalui, anak-anak kecil berhenti beraktifitas dan melihat seolah-olah keheranan memperhatikan saya dengan atribut lengkap bersepeda melintasi desa mereka. Terkadang saya membalas sapaan mereka dengan senyum plus ‘dentingan’ bel sepeda, sesekali saya membalas lambaian tangan anak-anak itu. Senyum mereka, terkadang memberi tenaga ekstra sepanjang perjalanan... 

Setahun yang lalu, saya masih sering disapa dengan “Hallo Mister..!!” [hehehe.. jadi inget .. ‘I’m not mister..mister.. ‘ (The Train_Hey Soul Sister) ],  mungkin tahun lalu belum banyak orang dengan atribut lengkap bersepeda melewati kampong mereka, mungkin pula mereka pikir hanya ‘bule’ yang mampu bersepeda seperti itu. ‘Yo..yo..yo..’ jawab salah seorang teman dengan kocak. ‘bule dari mana.. kulit item kaya’ gini..” celetuk temen yang lainnya. 

“Haaahh..” beberapa anak melongo keheranan, ketika saya menjawab pertanyaan mereka, “dari mane om?” dengan jawaban singkat “Tanjung..!!”. Yup... kali ini rute Gowes yang saya pilih adalah Tanjung Pandan – Manggar..!! dan Lonely rider.. alias saya sendirian.. hehehehe..
Sudah lama saya penasaran dengan rute ini..  Tanjung Pandan-Tanjung Tinggi, aahh.. sudah biasa.., Tanjung Pandan-Tanjung Batu, juga sering.. Tanjung Pandan-Gunung Tajam, juga sudah pernah tuh (sampe gurok beraye tapi..). Wajarkan sudah lebih dari setahun Gowes (bersepeda), saya ingin mencoba sesuatu yang baru.. yang waahh..!! (hehehe.. sombong nyaaaa....)

Jangan bilang saya nekat..!! (klo ngawur iya..hehehe..) dan jangan kira saya Gila.. (klo dibilang weirdo ga masalah.. jiaaahh ngaku..). I’m prepare everything..  Beberapa bulan belakangan ini, saya membiasakan diri gowes pagi-pagi 20-45 menit, dan khusus hari sabtu sengaja dipilih rute yang agak jauhan seperti Tanjung tinggi (kira-kira 30km, P-P 60km) atau Tanjung batu (almost 25 km, P-P 50 km). Untuk beberapa minggu belakangan ini, saya memilih merutinkan ‘Bike To Work’ ditambah sesekali Joging sore sekitar 20 menit.. Tujuannya satu, menambah jarak tempuh dan ketahan fisik.. (hwee... gaya-nya..)
Untuk perlengkapan yang harus dibawa antara lain Toolset, ban dalam, pompa, pluss.. alat-alat P3K, dan baju ganti tentu. Bekal selama perjalanan adalah beberapa potong roti, permen,  jus jeruk, ditambah air putih 2 L yang saya bawa dengan water bladder. Awalnya saya memasukkan semua dalam 1 tas ransel, tapi menimbang (halah..) beban yang harus di tanggung oleh punggung, akhirnya diputuskan memecahnya menjadi 3 tas kecil yang bisa di’pikul’ sebagian oleh sepeda..

....
Biasanya saya suka meng-katagori-kan bagaimana orang mengambil keputusan dengan ‘Reckless’ (Nekat/Sembrono), ‘Risk Taker’, dan ‘Safe player’. Dan Saya.. tentu saja termasuk yang tidak jelas dan suka berubah-ubah (hehehe.. Bangga ga jelas..). Terkadang, dengan ngawurnya saya melakukan sesuatu dengan sesukanya, tanpa ngitung.. tanpa ba-bi-bu.. just go with the wind.. (halah lebaayy..). Lain waktu, saya mempertimbangkan sesuatu dengan matang dan melakukan beberapa persiapan. Dengan pertimbangan dan persiapan itu barulah diambil sebuah keputusan walaupun memiliki resiko. Tapi terkadang disisi yang lain timbul suatu kegamangan, akibatnya adalah lebih bermain aman.. tidak berani kluar dari zona nyaman sehingga terkesan santai dan tidak melakukan pergerakan.. (Ffyuuuhh..). Tapi ini Cuma pemikiran isenk saya.. setiap orang memiliki standarisasi dan pola pikir yang berbeda-beda.. so terserah anda jika anda mengkatagorikan saya termasuk jenis seperti apa.. (hehehe..). Sebut saja pribadi yang unik.. (hohoho.. ini bahasa alus dari weirdo... jiah balik kesono lagi..)
...
Untuk Perjalanan kali ini, saya memilih untuk merahasiakannya.. memang dalam beberapa obrolan saya sering mengutarakan rute yang akan saya tempuh. Dan sekadar untuk jaga-jaga, saya hanya memeberitahukan kepada seorang teman melalui BBm.. “Besok aq ke Manggar ikut ga??” Begitu bunyi pesan saya membuka chat malam itu.. dan diakhir chatting saya Cuma berpesan..” Stand By on Call Yah...” (hehehehe.. jaga-jaga..). Dan Pagi itu.. pagi-pagi sekali saya sudah berangkat menghindari teriknya matahari.. tak ada pesan singkat atau chat yang saya jawab sepanjang perjalanan. Barulah ketika sampai di Kota Manggar saya mulai sibuk sms untuk mencari tempat untuk sekadar beristirahat, paling minimal bisa istirahat di kantor.. hehehe.. tapi untungnya malah ditawari menginap dirumah salah seorang rekan..   dan (dengan sedikit rayuan) dapat ‘undangan’ makan siang.. wkwkwkwk...

Thanx all.. 

Oh Iya.. Jarak yang saya tempuh adalah sekitar 80 km, waktu tempuh 3 jam 40 menit (Non Stop..) dengan kecepatan rata-rata 22,3 km/jam. (Please see pic above)

my bike + member Trio macan (minus one) di depan kantor Ranting Manggar


PS:
-Tulisannya dah kepanjangan.. di Stop dulu sampe disini.. (mungkin) bersambung..
-Pesen dari Trio Macan (Ini cuma ikut2an lho yah.. salahkan yang ngasih julukan awal.. wkwkwkwk..). Cumi goreng saus tiramnya enak (walaupun ada yang sampe demam hyakakaka...) Tumis kangkung+toge, plus oseng tempe juga enak.. dan yang paling penting Nasi-nya... (wkwkwkwk... No Comment soal ini...). Piss ah....!!!
-Katanya lagi niih.. udah tenar mereka jadi ga perlu disebut namanya.. hehehehe..

14 Responses
  1. Anonim Says:

    foto trio macannyo cantik ye..
    oh iyo, klo ke manggar lagi jgn lupo bawa cokelat kak.. hehe


  2. ida Says:

    bukan trio macan,,tapi three musketeers..
    jangan bilang2 ada orang demam gara2 cumi saus tiram,,jadi ketahuan aku pake bumbu arsenik..
    I think u are a risk taker..


  3. salty_fish Says:

    @ DK: Ooooo.. tidak bissaaa.. >.<
    @ Ida : hyakaka.. udah sah tuh.. DK aja ngaku "trio macan".. Cumi saos tiram dah dipuji lho yah.. (abis itu dicaci hihihi...). Thanx a lot..

    btw, did ya know.. MaCan = Manis Cantik... (hoooeeexxx... terpaksa buat menyenangkan hati teman.. wkwkwkwk...)


  4. deka Says:

    @k deni : pokoknyo cokelaaaatttttt... >.<

    @ida : hmmmm, tumis kangkung sama tempe orak arik is the best...


  5. nanda Says:

    dah kubaca nah.. tros komenku: "oooooooo" *ngarep dilempar android hag..hag...

    deka n ida : trio makan.. eh salah macan.. udah sah itu.. manis dan cantik serta soleha dan jago memasak.. *ting* ;)


  6. salty_fish Says:

    @DK: Pssssstttt... ga boleh sebut merk disini hehehe... :p
    @Nanda: ga jadi lempar... komen mu panjang... ihiy.. :army:


    btw, eh..eh.. koq malah bahas soal masakan siiihh.. prasaan judulnya tentang sepeda deh...


  7. nanda Says:

    trus gmn nasib kulit lumpia nya??? #jiahhhh


  8. salty_fish Says:

    Ooooh iya yak.. masih ada di Kulkas tuh.. sabtu-minggu kmaren ga sempet masak.. (sok sibuk..wkwkwkwk)

    btw, itu kulit pangsit.. bukan kulit lumpia..


    *Jjiiiaaahh.. malah ikut-ikutan bahas makanan..


  9. nanda Says:

    oo kulit pangsit.. emang apa bedanya?? hehe masih tahan brp lama lagi?? exp kini.. ckckckck #pura2 gatau ini bahas sepeda *grin*


  10. luvrie Says:

    tantangan selanjutnya "boncengin ampe manggar om " xixixi


  11. salty_fish Says:

    Oooo.. tidak bissaaaa... :p


  12. luvrie Says:

    tenang aja om...kita ringan kok, tar dibantu dengan doa deh xixixi


  13. salty_fish Says:

    kita?? emang mau boncengan brapa orang.. hihihi


  14. luvrie Says:

    berapa aja yang muat dah om..wkwkwk