salty_fish
The International Organization for Standardization merupakan sebuah organisasi yang dibentuk tahun 1947, sebuah organisasi yang menetapkan standar-standar industrial dan komersial dunia. Contoh Standarisasi yang paling sering kita dengar adalah ISO 9001 yang merupakan standarisasi untuk sistem manajemen mutu.

Lho tunggu dulu.. bukanya  The International Organization for Standardization kalau disingkat menjadi IOS? Yup.. bener.. Pada awalnya, singkatan dari nama lembaga tersebut adalah IOS, bukan ISO. Tapi sepertinya nama IOS kurang enak didenger dan ga keren .. (#nuduh..), makanya akhirnya dipilih kata ISO yang lebih enak diucapkan (#nuduhakutdotcom.. wkwkwkwk). Kata ISO sendiri berasal dari bahasa yunani ‘isos’ yang berarti sama (Equal).
Beberapa manfaat yang diperoleh ketika sebuah perusahaan / organisasi menerapkan ISO antara lain:
  • Meningkatkan citra perusahaan
  • Meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan
  • Meningkatkan efisiensi kegiatan
  • Memperbaiki manajemen organisasi dengan menerapkan perencanaan, pelaksanaan, pengukuran dan tindakan perbaikan (plan, do, check, act)
  • Meningkatkan penataan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dalam hal pengelolaan lingkungan
  • Mengurangi risiko usaha
  • Meningkatkan daya saing
  • Meningkatkan komunikasi internal dan hubungan baik dengan berbagai pihak yang berkepentingan
  • Mendapat kepercayaan dari konsumen/mitra kerja/pemodal

Ok..ok.. saya paham.. teorinya cukup sampe disini.. dari pada yang baca pada pusing.. hehehe..

Ketika sebuah organisasi memutuskan: kita harus ISO..!! mulailah dibentuk ‘seksi sibuk’ yang harus mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk memenuhi standarisasi yang diinginkan (bahasa kerennya Set Up dokumen.. ) . Untuk ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu), ada 6 Prosedur Wajib yang harus dipersiapkan, yaitu: Pengendalian Dokumen, Pengendalian Rekaman, Audit Internal, Penanganan Ketidak sesuaian, Tindakan koreksi, dan tindakan pencegahan.  (eh malah teori lagi.. mangap..mangap..)

Celakanya.. Jargon yang sering muncul malah.. “Iso ora iso kudu ISO..!!” (hayoooo.. ngaku..) . Padahal.. intinya adalah sederhana.. “Tulis apa yang anda kerjakan... Kerjakan apa yang anda tulis..”     Bahasa Keren-nya Walk The Talk..!!”.  Memang sih.. hal yang paling sulit adalah implementasi.. Dokumentasi bisa dibuat.., tapi implemetasi adalah bagaimana kita mengajak orang untuk ‘sedikit’ merubah kebiasaan, ini lah hal yang paling berat..!! Jadi jangan heran resistansi yang justru dominan dilapangan, tapi itu semua tergantung pada bagaimana cara kita ‘men-drive’ orang lain.

Ini adalah kali ke-dua saya ‘tersangkut’ dengan sertifikasi ISO 9001:2008. Pengalaman pertama saya masalah iso-meng-iso ini adalah sewaktu di PLTD Pilang.. kala itu saya menjadi Tim Set Up (Pengendali Dokumen) dan berhasil dengan gilang-gemilang menghantarkan PLTD Pilang memperoleh selembar kertas bernama ‘sertifikasi’ yang didamba-dambakan (halah lebay-nya kumat..).
Kali ini, i’m not sure.. what is my job rules..?!. Awalnya saya diminta  knowledge sharing’, sekadar memberikan gambaran pumum mengenai ‘makhluk’ bernama ISO 9001. Kemudian saya juga diminta bantuan untuk melakukan internal audit.. oke..oke.., Lets do it..!! No problemo...  

Kick off’ terasa berat bagi rekan-rekan disini, dan saya mengerti betul apa yang mereka rasakan. Tapi saya terus memberikan dorongan (yang mungkin terdengar arogan), ‘Team work must be better than single player..!!’ (hoho.. #bangga ga jelas..)

Entah kenapa di masa-masa injury time babak pertama, saya jadi merangsek lebih dalam ikut-ikutan memberikan dorongan ke rekan-rekan. (#berpikir keras plus garuk-garuk ga jelas) Hmm.. mungkin saya  sudah berubah posisi dari sekadar spectator di tribun penonton menjadi ‘coach yang duduk di bangku pemain cadangan (klo diluar negri bahasa kerennya manajer tim bola.. klo disini mungkin lebih familiar disebut coach). Sebabnya adalah... Beberapa telepon dari ‘sang pemilik klub’ diujung sana mengatakan.. “Keberhasilan sertifikasi tergantung oleh kamu kalian..!!” . (wkwkwk.. semangat-semangat...)

To be Honest.. saya bukan jenis orang yang haus akan hal seperti ini.. hanya saja.. wajah cemas dari teman-teman membuat saya sedikit tergerak (hehehehe.. lebay mode ON lagi..). Sebenarnya Fungsi Coach harusnya diperankan oleh MR (Managment Representative), tapi kali ini.. okelah saya mencoba untuk menjadi coach ‘gadungan’. Mungkin saya ditunjuk gara-gara saya tak terlalu banyak urusan (bahasa halus dari #jomblongenes, #jomblongeles.. wkwkwkwk.. hiks..).

Selayaknya coach sebuah klub bola.. saya mencoba memberi beberapa touchline instruction dari pinggir lapangan..  Saya sadar rekan-rekan bingung, apalagi terkadang saya seperti berteriak ‘hey.. where is the passion lads..!!’.. tapi itu adalah salah satu bentuk dari encouragement.. saya menghargai betul kerja keras siang-malam dari rekan rekan, walaupun ada yang melakukan hal yang tak terlalu penting, ada yang berlebihan, adapula yang melepas stress dengan jalan-jalan (wkwkwk.. piss ah.. ntar malah ditimpuk rame-rame).
Muka-muka cemas juga membayangi mereka.. wajar.., mereka adalah ‘hot prospec for the future’ (weee... keren ga bahasanya.. soalnya klo pake 3 huruf itu ntar ada yg protes hihihi..). Dan sebagaimana pemain debutan.. coach hanya bisa bilang ‘the pressure is off.. just enjoy the rest of the games..!’ . Untung-nya Pertandingan berjalan lancar.. walaupun disana-sini masih amat-sangat-banyak kekurangan (bahasa kerennya.. Good Result but poor performances), tapi dengan usaha keras dari rekan-rekan sebuah Goooolll manis berhasil dicetak.. Yup.. Pengakuan awal berupa rekomendasi sertifikasi berhasil didapatkan.. dan Saya harus mengucapkan...

Well done Guys..!! Congratulation........!!!!!
#standing applaus from me... (yeiiiiyyy... diteprokin rame-rame.. rame...rame... hihihi).  
:recsel: :cendolbig: :handsake: :beer
Cheese.. mannaa jempool-nya..!!

Hey.. tunggu dulu... ini baru permulaan.. The Game Just Begin... masih banyak tantangan menanti di depan.. Rock on Guys...!! tetap Semangat...!!!!
*yang paling deket, closing dulu tuh.. temuan auditnya... wkwkwkwkwk...

  
PS:  
-  Istilah bahasa inggris (yang kacau) diatas sebagian besar diambil dari Game FM (FootBall Manager) #Gameaddicted << help me please.. hiks.. 
-          Soal makan2 ato jalan2 gimana neeehhh...  jangan sampe dilupain yak.. hehehehehe.. #kompor , #ngarepdotcom..
(tiba-tiba inget quotes aneh dari full metal alchemist : If you want gain something, you must bargain something..)
10 Responses
  1. deka Says:

    alhamdulillah... semoga cabang tanjung pandan jadi WCS setelah 1 bulan lagi saya tinggalkan ke pikitring sumsel... hahaha


  2. salty_fish Says:

    wkwkwk.. ada yang lagi mimpi.. :p


  3. luvrie Says:

    tersenyum lebaaar baca kalimat ini....."Mungkin saya ditunjuk gara-gara saya tak terlalu banyak urusan (bahasa halus dari #jomblongenes, #jomblongeles.. wkwkwkwk.. hiks..)."


  4. salty_fish Says:

    Jiiiaaahhh.. ampun dahh..


  5. luvrie Says:

    bikin salty_fish fans club aja ya.. yang mo daftar bayar nya ama luvrie aja wkwkwk


  6. salty_fish Says:

    *sigh..

    Nangis guling-guling... hwaaaaa...


  7. deka Says:

    untung masih bisa mimpi kak... klo gak bisa mimpi lagi kan susah...


  8. salty_fish Says:

    @ DK: Cie..cie..cie...
    btw, Lap dulu iler-nya, cuci muka.. trusss...

    tiduurrr lageee...
    wkwkwkwkwkwk.. >.<


  9. deka Says:

    kurang ajar...!!! deka klo tiduk idak ileran kak... cuma ngompol be.. :p *puas ye...


  10. salty_fish Says:

    hag..hag..hag.. horeee... ado yg ngambek... Piss ye.. ;)